BREAKING NEWS

BERITA ROHINGYA

PHOTO ROHINGYA

POSKO

Ratusan Rohingya Baru Mendarat, Warga Aceh Bikin Dapur Umum

Aceh, CNN Indonesia -- Ratusan pengungsi etnis Rohingya dari Myanmar kembali mendarat di pantai Aceh pada Rabu (20/5) dini hari hingga pagi.

Setelah ribuan Rohingya tiba di tiga kabupaten Aceh pada minggu lalu, kali ini mereka terdampar di Desa Simpang Lhee, Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur. (Baca: Ratusan Rohingya Kembali Mendarat di Aceh)

Menurut Hidayat, seorang anggota TNI Angkatan Laut yang mendata para pengungsi, kali ini total pengungsi berjumlah 389 orang, mayoritas merupakan warga Rohingya dan terdapat pula puluhan warga Bangladesh.
Kapolres Aceh Timur, AKBP Hendri Budiman mengatakan bahwa nelayan setempat yang pertama kali mengevakuasi para imigran.

“Mesin (kapal) para pengungsi ini rusak, ditemukan oleh nelayan malam tadi. Mesin perahu para pengungsi mati. Beberapa perahu nelayan langsung mengevakuasi ratusan orang di dalam kapal, paginya dilakukan pegangkutan pengungsi sisanya,” kata Hendri kepada CNN Indonesia di Aceh, Rabu.

“Mereka untuk sementara akan ditampung ke Polres sementara dilakukan koordinasi dengan pemerintah daerah.”

Menurut pengamatan CNN Indonesia, sejak pagi tadi, warga setempat secara sukarela mendirikan dapur umum di tepi pantai dan di meunasah atau mushola, tempat mereka kini berada setelah mendarat.

Warga dari beberapa desa juga terlihat berdatangan untuk memberikan makanan dan pakaian. Selang beberapa jam, makanan dan pakaian sudah terlihat menumpuk.

Di tempat penampungan sementara itu, warga Rohingya terlihat makan dengan lahap, mandi dan memakai pakaian yang disumbangkan.

Ketika terapung di lautan, para pengungsi hanya dibekali pemilik kapal dengan nasi, garam dan air yang jumlahnya terbatas dan tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan ratusan orang. (Baca: Makan Nasi Garam Sehari Sekali, Ratusan Rohingya Tewas)

Sementara itu, badan pengungsi PBB, UNHCR, mengatakan masih ada ribuan warga Rohingya yang saat ini terkatung-katung di laut.

Sebelum kedatangan pagi ini saja, Kementerian Luar Negeri Indonesia mencatat terdapat 1.346 imigran gelap yang terdampar di Aceh. (stu)

Sumber : cnnindonesia.com

 
Copyright © 2015 Aliansi Masyarakat Aceh Peduli Rohingya
Redaksi | Hubungi Kami