BREAKING NEWS

BERITA ROHINGYA

PHOTO ROHINGYA

POSKO

LCKI Aceh: Rohingya Bisa Ditampung di Pulau Rusa

Pulau Rusa, tempat yang ditawarkan oleh LCKI Aceh untuk penampungan sementara bagi muslim Rohingya.
Photo : Google Earth
BANDA ACEH– Pemerintah Aceh diminta tak hanya berperan sebagai penampung sementara bagi muslim Rohingya. Pemerintah Aceh diminta harus memikirkan nasib Rohingya dalam jangka panjang karena berkaitan dengan HAM.

“Sudah saatnya pemerintah Aceh menempatkan mereka ke sebuah pulau seperti Pulau Rusa di Lhoong Aceh Besar. Tujuannya agar mereka bisa hidup dan beribadah dengan nyaman,” kata Ketua Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia (LCKI) Aceh, Iswadi, M. Pd, kepada portalsatu.com, Jumat 22 Mei 2015.

Jika perlu, kata Iswadi, pemerintah Aceh segera menyiapkan regulasi khusus dalam bentuk qanun atau Perda untuk membuat kecamatan khusus Rohingya di Pulau Rusa.

“Selain alasan kemanusiaan dan kewajiban kita selaku umat Islam untuk melindungi sesama, penyelamatan warga Rohingya di Pulau Rusa juga dapat memberi dampak positif kepada Aceh. Yaitu Pulau Rusa dapat dijadikan objek wisata jika sudah berpenghuni. Sehingga dapat menambah PAD Aceh Besar,” ujarnya mantan Pembantu Dekan III FKIP Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh ini.

Iswadi menambahkan masalah yang dihadapi oleh etnik Rohingya adalah masalah kemanusiaan. Dimana, katanya, Rohingya seperti ditakdirkan terdampar di perairan Aceh yang notabenenya negeri syari’at Islam.

“Memulangkan mereka hanya akan menambah daftar korban baru di Myanmar. Kita minta pemerintah bisa menerima saran ini,” ujarnya. [] (mal)

Sumber : http://portalsatu.com/news/lcki-aceh-rohingya-bisa-ditampung-di-pulau-rusa/
 
Copyright © 2015 Aliansi Masyarakat Aceh Peduli Rohingya
Redaksi | Hubungi Kami